August 28th, 2011

Video Senam Hamil dan Gerakan Senam Hamil

SENAM HAMIL

Senam hamil adalah olahraga bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester 3 kehamilan yaitu mulai umur kehamilan 28 minggu. Senam ini dirancang khusus untuk melatih otot –otot dan teknik pernafasan yang akan digunakan untuk proses persalinan.

Sebenarnya akan lebih baik jika Anda mengikuti senam hamil yang diadakan di rumah bersalin atau rumah sakit yang menyediakan layanan senam hamil karena selain diawasi oleh instruktur yang terlatih, Anda juga dapat bertukar informasi dan pengetahuan seputar kehamilan dan persalinan. Namun ada kalanya sang ibu tidak punya waktu atau merasa terlalu repot jika harus mengikuti kursus senam hamil. Jika Anda termasuk yang merasa berat untuk mengikuti kursus senam hamil maka senam hamil video dan gerakan senam hamil adalah solusinya.

Berikut ini adalah contoh gerakan senam hamil. Cara senam hamil ini sangat aman dan sudah mendapat rekomendasi dari dokter kandungan, bidan serta tenaga ahli lainnya. Jika Anda memang tidak punya kesempatan untuk mengikuti program senam hamil diluar rumah, ada baiknya Anda mencoba mempraktekkan senam hamil di rumah.

SENAM HAMIL

Gambar Senam Hamil

Senam Hamil

 

Panduan Senam Hamil                        

Senam hamil memang terbukti bermanfaat bagi ibu hamil, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda menjalaninya. Senam hamil tidak disarankan bagi wanita hamil yang memiliki kelainan jantung, pre-eklamasi berat, kehamilan kembar, kelainan plasenta dan penyakit lain yang berat atas rekomendasi dokter kandungan atau bidan. Ibu hamil juga tidak diperbolehkan melakukan senam hamil bila mempunyai komplikasi kehamilan. Komplikasi tersebut biasanya meliputi denyut jantung lebih cepat, pernafasan dangkal, pusing, sakit kepala, sakit punggung dan panggul.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan senam hamil adalah memulai senam hamil secara bertahap dan teratur, jangan sampai memaksakan gerakan bila belum sanggup atau merasa sakit. Lebih baik menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta menggunakan penyangga payudara yang menyokong. Minum air putih yang banyak sebelum melakukan senam untuk mencagah dehidrasi dan lakukanlah pemanasan. Dengan demikian senam hamil yang Anda lakukan dapat memberikan manfaat yang maksimal.

 

Senam Hamil Pilates

Metode senam hamil mengalami perkembangan, salah satunya adalah senam pilates untuk ibu hamil yang ditemukan oleh Joseph Pilates. Gerakan senam pilates ini terdiri dari 34 gerakan dasar yang berfungsi untuk :

  • Meringankan proses persalinan dengan melatih otot-otot yang diperlukan.
  • Meningkatkan stamina ibu yang akan melahirkan.
  • Mempertahankan postur tubuh agar tulang belakang tidak sakit.
  • Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan mencegah terjadi kram kaki dan varies.
  • Melatih pernafasan, salah satu hal penting yang harus dikuasai ibu yang akan melahirkan.
  • Mempercepat pemulihan sakit ibu hamil pasca proses melahirkan.

Selamat mencoba Senam Hamil!

 

This entry was posted on Sunday, August 28th, 2011 at 10:00 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply