October 20th, 2011

Tips Kehamilan dan Menyikapi Perubahan Ibu Hamil

Berikut ini adalah tips kehamilan yang disarankan untuk ibu hamil demi kesehatan dan keselamatan sang ibu dan bayi yang ada dalam rahim :

  1. Kontrol kehamilan secara teratur ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikan kesehatan selama kelamilan. Pemeriksaan ibu hamil ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan keselamatan sang ibu dan pertumbuhan calon bayi.
  2. Stop merokok bila Anda punya kebiasaan merokok dan hindari sebisa mungkin menjadi perokok pasif.
  3. Jauhkan diri Anda dari zat-zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan keracunan.
  4. Lebih peduli dengan gizi yang berimbang dalam memilih menu makanan demi tercukupinya kebutuhan gizi ibu dan janin yang ada dalam kandungan.
  5. Minum lebih banyak air putih.
  6. Jaga kebersihan diri sendiri salah satunya dengan mencuci tangan sesering mungkin.
  7. Mengkonsumsi tablet untuk penambah darah bila perlu, atau dapat digantikan dengan makanan yang tinggi zat besi seperti sayuran, daging dan ikan.
  8. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran tanpa seizin dokter dan dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin dan asam folat 400mg setiap hari. Ini adalah salah satu adaptasi kehamilan Anda.
  9. Pada kehamilan normal, jika memungkinkan lebih baik Anda mengikuti kursus atau program senam hamil yang biasanya diadakan di rumah bersalin atau rumah sakit. Disini anda dapat memperluas wawasan dan menambah kepercayaan diri menghadapi kehamilan dan persalinan.
  10. Perubahan ibu hamil meliputi perubahan fisik, tenaga dan emosional. Namun, beraktifitas seperti biasa tidak akan membahayakan ibu dan calon bayi dan jika Anda telah merasa lelah, segeralah beristirahat.
  11. Lebih baik makan lebih sering dalam porsi kecil dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dalam porsi besar atau porsi orang biasa.
  12. Jangan mengkonsumsi makanan yang setengah matang atau mentah karena akan membahayakan kesehatan janin.
  13. Berat ibu hamil akan terus bertambah sesuai dengan umur kehamilan, maka itu sangat tidak diajurkan untuk melakukan diet seperti orang biasa karena akan membawa dampak buruk pada perkembangan dan pertumbuhan janin.

Fisiologi Kehamilan

Fisiologi Kehamilan

Fisiologi kehamilan atau disebut juga fisiologi ibu hamil adalah adaptasi maternal yang mencakup fisiologi, anatomi dan metabolisme yang nantinya sangat menentukan keberhasilan hasil kehamilan. Manfaat dari mengetahui perubahan fisiologi ibu hamil yaitu tenaga medis diharapkan dapat mendeteksi perubahan fisiologi kehamilan yang bersifat patologis.

This entry was posted on Thursday, October 20th, 2011 at 1:31 pm and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Tips Kehamilan dan Menyikapi Perubahan Ibu Hamil”

  1. kehamilan Says:

    liat gambar manekin jadi serem ya? tapi pengetahuan saya tentang kehamilan jadi bertambah, bertanya kepada orang yang gak tepat kadang malah bikin sesek nafas.

Leave a Reply