Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Mencegah Kehamilan

Tanda Keguguran

Tanda-Tanda Keguguran

TANDA-TANDA KEGUGURAN

Keguguran dapat diartikan sebagai keluarnya janin dari dalam rahim sebelum umur kehamilan memasuki 20 minggu sedangkan janin belum mempunyai kemampuan untuk hidup di luar rahim sang ibu.

Bila keguguran terjadi maka janin, ketuban, ari-ari akan keluar secara alami dari rahim melalui vagina. Setiap ibu hamil memiliki risiko keguguran 15% – 40% dan sebanyak 60% – 75% keguguran sering terjadi pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan.

Risiko keguguran akan berkurang ketika usia kehamilan lewat dari 3 bulan, karena pada saat ini janin sudah mempunyai posisi yang kokoh di dalam rahim.

Tanda keguguran :

  1. Pendarahan adalah tanda yang pasti terjadi. Pendarahan dapat melalui proses berupa bercak-bercak dalam waktu yang lama sampai pendarahan hebat. Keguguran terjadi akibat adanya bagian jaringan yang robek di dalam rahim yang akan keluar bersama janin dan darah. Dapat berupa dinding rahim yang robek atau kantung ketuban yang robek.
  2. Kram perut atau kram panggul yang menimbulkan rasa sakit pada perut bagian tengah dan bagian bawah dari punggung. Rasa sakit ini mirip dengan pada saat kram perut pada waktu datang bulan dan biasanya berlangsung lama serta berulang-ulang. Kram perut ini akan muncul beberapa saat setelah pendarahan dimulai.
  3. Terjadi penggumpalan darah berwarna keabu-abuan pada janin (jaringan lunak) melewati vagina beberapa jam sampai beberapa hari setelah timbulnya pendarahan. Kejadian ini menimbulkan rasa nyeri pada perut bawah dan berlangsung lama. Selain di bawah perut, rasa sakit juga dirasakan pada selangkangan, bawah panggul dan daerah kelamin.
  4. Tanda-tanda keguguran diatas menimbulkan rasa kelelahan yang berlebihan. Tubuh akan seperti orang yang sedang sakit, merasa tidak enak badan, lemas, loyo, tidak bergairah dan tidak bertenaga. Bahkan orang yang keguguran tidak dapat menopang tubuhnya sendiri untuk duduk atau berdiri.
Nanas Menggugurkan Kandungan

Menggugurkan Kandungan

Bagi para ibu yang sedang hamil muda perlu mengetahui penyebab keguguran kehamilan. Salah satu makanan yang menggugurkan kandungan adalah nanas.

Nanas menggugurkan kandungan karena buah ini memiliki enzim bromelain. Enzim ini pada dasarnya bersifat baik yaitu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah. Buah menggugurkan kandungan berusia muda ini juga dipercaya sebagai anti inflamasi yang efektif, anti radang serta dapat membantu pencernaan di lambung.

Cara Mencegah Kehamilan :

Namun bagi seorang istri yang belum siap mempunyai anak atau tidak ingin menambah jumlah anak maka dia dapat menempuh alternatif mencegah kehamilan dan menggugurkan kandungan dengan nanas.

Cara menggugurkan kandungan dengan nanas dinilai cara menggugurkan kandungan alami dan menggugurkan kandungan secara tradisional walaupun tingkat keberhasilannya tidak dapat di pastikan.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , ,

33 Responses to “Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Mencegah Kehamilan”

  1. rudi says:

    cara mencegah kehamilan dengan nanas tu gimana y?

  2. rudi says:

    tolong bantu aku y

  3. Rita Yuniarti says:

    nanas bukan untuk mencegah kehamilan, namun untuk menggugurkan kandungan yang usianya masih sangat muda..

  4. heri says:

    Usia kandungan sngat muda itu udah berapa minggu?

  5. khadijah says:

    Usia kandungan sangat muda itu berumur 1 minggu hingga 2 bulan. Pada masa ini kandungan masih sangat labil untuk mengalamai keguguran

  6. sarinah says:

    Jika kita sudah tidak merasakan tanda2 kehidupan di janin, apakah mungkin sudah keguguran? karena saya kemarin sudah memakan nanas dan jamu peluntur..apakah bisa mengalami keguguran?

  7. khadijah says:

    Tanda-tanda keguguran biasanya terasa dengan jelas bahkan seringkali diiringi dengan rasa sakit yang luar biasa pada perut. Tidak merasakan tanda-tanda kehidupan janin tidak berarti janin sudah gugur. Jika anda tidak mengalami hal-hal yang telah diuraikan diatas maka saya berpendapat janin Anda tidak gugur dan masih hidup. Jika ingin memastikan lebih jelas lebih baik Anda periksakan ke dokter kandungan atau bidan kandungan. Semoga membantu..

  8. rendi says:

    Kalau makan nanas bisa menggugurkan
    Biasa brapa x memakannya

    N apakah meminum sprite secara setiap hari sebotol kecil bisa menggugurkan janin

  9. khadijah says:

    Memakan nanas muda bisa mengugurkan kandungan yang usianya masih muda. Namun janin akan gugur jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau melebihi porsi biasa. Minuman sprite belum ada pembuktian dapat mengugurkan kandungan, namun sprite dan sejenisnya adalah minuman bersoda yang termasuk “keras” bagi janin, kemungkinan jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak akan membahayakan janin, namun tidak serta merta menggugurkan janin.

  10. adista says:

    Saya mau tanya,,,kbtulan saya mempunyai teman dan dia hamil usia kandungan nya udh menginjak 2bln 15 hari namun kmren pd tanggal 14 dia mengalami tanda2 menstruasi pd umunya dan dia mengalami mens namun k esokan harinya darah itu berhenti dan tepat hari ni dia bgitu lagi apa yg terjadi ya?apa itu tanda nya dia mengalami keguguran/apa?tolong bantu saya..yach..tanks

  11. khadijah says:

    Kemungkinan itu adalah pendarahan biasa yang terjadi pada masa kehamilan. Hal ini bukan berarti mengalami keguguran.

  12. ita says:

    Mba.. Aq mw tnya, uda 1minggu aq ngalami keguguran ditandai dgn darah n gumpalan darah yg keluar.. Tp skrg aq mrasa perut q penuh.. Aq takut pembersihan dari kguguran q ini ga bgs.. Skedar info, aq ga mw kuret. Ada jalan lain ga y supaya bersih n perndarahannya berhenti? Makasi

  13. rye joe says:

    mw tnya ne..kalau haid tggal 17,dan tpat tnggal 17 blan dpan nya tidak haid dan posti hamil..brapakah usia khamilan nya..1bln atw 2bln

  14. khadijah says:

    perkiraan usia kandungannya adalah kurang dari 1 bulan, sebab masa subur wanita adalah kira2 1 minggu setelah selesai haid.

  15. khadijah says:

    Apakah keguguran harus selalu dikuret? Terus terang saya takut sekali merasa sakit waktu di kuret.

    Dalam ilmu medis, pada keguguran kehamilan yang tidak lengkap ( artinya hasil dari proses kehamilan tidak bisa keluar sempurna ) maka tindakan kuret sangat diperlukan. Tindakan kuret dilakukan oleh dokter kandungan dengan memasukkan alat kuret ke dalam rahim untuk membersihkan rahim ibu hamil agar terhindar dari perdarahan dan infeksi pada organ reproduksi ( alat kandungan ). Sebelum dilakukan tentu ibu hamil akan di beri obat bius terlebih dahulu. Semoga bermanfaat..

  16. hazackyConz says:

    ehhh mbhakk kalo makan nanas apakah benar bisa menggugurkan kandungann ?

  17. ussy says:

    kemarin saya minum obat pelancar haid,,selang satu jam keluar darah menggumpal dan ada terlihat seperti embrio. itu kenapa ya? padahal saya tes hasilnya negatif.

  18. khadijah says:

    Pada saat hamil muda, nanas dapat memicu keguguran.

  19. khadijah says:

    Mungkin Anda positif hamil, hanya saja Anda terlau cepat mengetesnya dengan test pack. Jika test pack menunjukkan hasil negatif, sebaiknya Anda ulangi 1 minggu kemudian, bisa jadi hasilnya positif..

  20. irmiko says:

    Mau nanya…mens saya terakhir tgl 17 agustus setelah bulan berikuttnya sampai dengan tanggal
    21 september saya belum mens.wkt tgl 15 saya tespack 2x
    dan hasilnya posotif dan ketiga kalinya saya tespack tetap
    positif.apa benar saya hamil ya dan berapa usia kandungan saya?
    saya belum siapa tuk hamil kata suami saya dengan meminum
    sprite dan memakan nenas itu akan keguguran?

  21. fitra bawes says:

    kalau umur kurang dari 1 bln jika di test ketauan pa gk nanti di alat test’a…

  22. mar'ah says:

    Aslkm.met sian9 maaf saya mau tny t9l 21-26 sy haid akn tetapi hri ini saya m9luarkn percak darah diselimuti d9n bercak jernih,jd apa ada km9kn sy hml trus ke9u9uran?mksh

  23. fatikha says:

    aslamualikum,,,,mba sdh 4 hari yang lalu saya mengeluar kan darah dalam jumlah banyak padahal saya sedang hamil masi dalam hitungan usia mingguan,dan saya kemarin periksa ke dokter, dan dokter mengatakan kalo janin saya sudah ga ada tapi kata dokter masi ada sedikit, pernyataan dokter sangat membuat saya bingung dan dokter menyaran kan untuk saya mengetes urin lagi.n dokter tidak melakukan tinda kan apapun hanya di beri obat memperbagus sel sel saja, dan ketika saya mengetes pek, hasil nya keluar garis 1 dan garis yang 1 nya lagi muncul tapi warna nya memudar samar2, apa yang harus saya lakukan ea mba, mohon di bantu ea mba , terimakasih
    wasallamualaikum,,,,,

  24. nona says:

    Tolong,, contoh obat pelancar haid itu apa ya mereknya?
    Jenisnya berupa jamu gitu?
    Oya, haid saya tdk teratur, kira2 siklusnya 50 hari, kadang 40, 35,
    nah skr sudah 58 hari saya belum haid, apakah haid saya normal?
    Takutnya ada penyakit gitu..
    Mohon bantuannya, makasi

  25. khadijah says:

    Jika hasil tes pack adalah positif maka Anda hamil. Dengan makan nanas muda bisa terjadi keguguran, tetapi tidak selalu berhasil.

  26. khadijah says:

    Usia 1 bulan sudah bisa terlihat hasilnya.

  27. khadijah says:

    Jika Anda takut terkena penyakit lebih baik konsultasikan ke dokter. Jangan minum obat pelancar haid sembarangan, dikhawatirkan akan menambah parah keadaan Anda.

  28. khadijah says:

    Jika hanya bercak darah itu bukan keguguran tetapi tanda awal kehamilan yang wajar dan normal.

  29. khadijah says:

    Lebih baik Anda kunjungi dokter yang lain dan minta penjelasan sejelas-jelasnya. Jika hasil tes menunjukkan 2 garis walaupun samar kemunkinan Anda masih dalam kondisi hamil.

  30. ebe says:

    bu mau tanya….
    istri saya tespact dan hasilnya positif,tp setlh mkn nanas…paginya kluar darah n perut melilit,tp pas hari berikutnya g kluar lg darahnya,dan prutnya pun g skit lg,trs sekarg klo nyium2 bau2an….sering mual2….
    pa tu gejala keguguran??

  31. verry says:

    mau tanya nih.. Ehm, bila sdang berhubungan bdan dalam suami-istri,gmana cara mencegah kehamilan itu ya,aq dn istri sya spakat ingin menunda mmpunyai anak dulu,yg saya tnyakan yaitu,apakah stlah brhubungan bdan bila cairan sperma keluar sblum hubngan kontak fisik itu istri saya akn mengalami khamilan.,? Terimakasih

  32. khadijah says:

    itu bukan keguguran. kemungkinan janin masih ada dalam kandungan.

  33. khadijah says:

    kehamilan tidak akan terjadi jika cairan sperma tidak masuk ke dalam rahim sang istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge