September 2nd, 2011

Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Mencegah Kehamilan

Tanda Keguguran

Tanda-Tanda Keguguran

TANDA-TANDA KEGUGURAN

Keguguran dapat diartikan sebagai keluarnya janin dari dalam rahim sebelum umur kehamilan memasuki 20 minggu sedangkan janin belum mempunyai kemampuan untuk hidup di luar rahim sang ibu.

Bila keguguran terjadi maka janin, ketuban, ari-ari akan keluar secara alami dari rahim melalui vagina. Setiap ibu hamil memiliki risiko keguguran 15% – 40% dan sebanyak 60% – 75% keguguran sering terjadi pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan.

Risiko keguguran akan berkurang ketika usia kehamilan lewat dari 3 bulan, karena pada saat ini janin sudah mempunyai posisi yang kokoh di dalam rahim.

Tanda keguguran :

  1. Pendarahan adalah tanda yang pasti terjadi. Pendarahan dapat melalui proses berupa bercak-bercak dalam waktu yang lama sampai pendarahan hebat. Keguguran terjadi akibat adanya bagian jaringan yang robek di dalam rahim yang akan keluar bersama janin dan darah. Dapat berupa dinding rahim yang robek atau kantung ketuban yang robek.
  2. Kram perut atau kram panggul yang menimbulkan rasa sakit pada perut bagian tengah dan bagian bawah dari punggung. Rasa sakit ini mirip dengan pada saat kram perut pada waktu datang bulan dan biasanya berlangsung lama serta berulang-ulang. Kram perut ini akan muncul beberapa saat setelah pendarahan dimulai.
  3. Terjadi penggumpalan darah berwarna keabu-abuan pada janin (jaringan lunak) melewati vagina beberapa jam sampai beberapa hari setelah timbulnya pendarahan. Kejadian ini menimbulkan rasa nyeri pada perut bawah dan berlangsung lama. Selain di bawah perut, rasa sakit juga dirasakan pada selangkangan, bawah panggul dan daerah kelamin.
  4. Tanda-tanda keguguran diatas menimbulkan rasa kelelahan yang berlebihan. Tubuh akan seperti orang yang sedang sakit, merasa tidak enak badan, lemas, loyo, tidak bergairah dan tidak bertenaga. Bahkan orang yang keguguran tidak dapat menopang tubuhnya sendiri untuk duduk atau berdiri.
Nanas Menggugurkan Kandungan

Menggugurkan Kandungan

Bagi para ibu yang sedang hamil muda perlu mengetahui penyebab keguguran kehamilan. Salah satu makanan yang menggugurkan kandungan adalah nanas.

Nanas menggugurkan kandungan karena buah ini memiliki enzim bromelain. Enzim ini pada dasarnya bersifat baik yaitu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah. Buah menggugurkan kandungan berusia muda ini juga dipercaya sebagai anti inflamasi yang efektif, anti radang serta dapat membantu pencernaan di lambung.

Cara Mencegah Kehamilan :

Namun bagi seorang istri yang belum siap mempunyai anak atau tidak ingin menambah jumlah anak maka dia dapat menempuh alternatif mencegah kehamilan dan menggugurkan kandungan dengan nanas.

Cara menggugurkan kandungan dengan nanas dinilai cara menggugurkan kandungan alami dan menggugurkan kandungan secara tradisional walaupun tingkat keberhasilannya tidak dapat di pastikan.

This entry was posted on Friday, September 2nd, 2011 at 10:00 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

66 Responses to “Tanda-Tanda Keguguran dan Cara Mencegah Kehamilan”

  1. mchefy Says:

    klo usia kehamilan udah 5 atau 6 bisa kegugura gak mba terus pake apa buat gugurin ny …..mksh mohon solusi ny

  2. santi yana Says:

    Saya mau tau dong mbak…aku mesti halangan tgl 19 sampai tgl 27 belum jangan juga..tp tekspek hasil nya positif…gimana yaa

  3. santi yana Says:

    Saya mau tau dong mbak…aku mesti halangan tgl 19 sampai tgl 27 belum jangan juga..tp tekspek hasil nya negatif..gimana yaa

  4. Vino saputra Says:

    Cewe sy haid pd tanggal 27 februari,dan kmi melalukan hubungan intim 1 minggu sesudah haid,,,,sampai tanggal 1 april dia blm haid,,,,apakah dia hamil…..tolong info nya mba…

  5. eva Says:

    Mau nanya?
    kenapa setelah minum kiranti dan minum sprite perut terasa sakit banget seprti sakit haid . Tolong bantuannya…

  6. rosie Says:

    Mohon dibantu jawab. Kalo makan nanas (5 potong kecil) di usia kehamilan 4 minggu apakah tidak apa-apa ???

  7. ayu Says:

    Sya hais tnggal 20 trus bln dpan’a pas d tnggal 20 sya tdk haid mbak…
    Stlah 1 mnggu sya cek pkai test peck hsil’a positif
    Jd skrng usia kandungan saya brpa mbak?

  8. noviristy Says:

    klw saya udah makan nanas sampai 3 buah tp perut saya ko masih keras dan ada detak jantungnya. apakah itu pertanda hamil ya??

  9. Ansor Says:

    Bagimana cara mengetahui kalau janin sudah gugur dgn cara mengonsumsi nanas

  10. wathi Says:

    Kak…saya haid tnggal 26 pada saat tu juga saya melakukan hubungan intim dua kli saya buat tes hasil ny negatif tpi perut saya tambah besar,kram perut,muntah,pusing ,tu tanda pa kk

  11. No name Says:

    Sya mau tnya, Setelah saya makan nanas, perut saya sakit sebelah kanan atas.ada yg tau kenapa ?

  12. Aziz Says:

    Saya mau tanya . Saya berhubungan intim dengan istri saya sebelum ia haid/dapet . Setelah saya berhubungam intim….ke esokan hari nya is haid…apa itu ada kemungkinan ia bisa hamil / tidak dok ??

  13. Dean Says:

    Dok saya mau tanya.saya Adah umum sprite n min nanas banyak stlh saya tahu saya hmil tpi dah2 hei brturut2 min minum sprite blm ada reaksi keguguran..ya…apa jne n nya masihbthan apa gugur

  14. Riko Says:

    Bantu saya dong apakah bisa kandungan 3 bulan di gugurkan mengunakan nanas muda bantu saya dong plz

  15. Yoshi Says:

    Istri saya hamil usia skitar 1 setengah bln, namun kami blm siap memiliki keturunan.
    Kami sudah mncoba memberi nanas muda sebanyak 2X.
    Efek nanas yg pertama perut istri saya terasa sangat sakit, dan mengalami pendarahan cukup banyak.
    Namun pada nanas yg ke dua istri saya hanya merasa sdikit sakit dan darah yg kluar jg hanya sedikit. Pertanyaannya apakah itu adalah tanda-tanda keguguran? Jika bukan selanjutnya apa yg harus kami lakukan untuk menggugurkn kandungan tsb?

  16. andri Says:

    Kalo misalnya sudah telat datang bulan 2 minggu tapi perut saya selalu teras sakit itu pertanda apa ya mbk, mohon dijelaskan mbk?

Leave a Reply