Senam Nifas Mempercepat Pemulihan Masa Nifas

Gambar Senam Nifas

Gambar Senam Nifas

SENAM NIFAS

Pengertian senam nifas adalah olahraga ringan yang dilakukan ibu yang baru melahirkan bayi. Senam ibu nifas dilakukan selama 10 hari berturut-turut sejak hari pertama melahirkan sampai hari kesepuluh.

Manfaat senam nifas adalah untuk memperbaiki kondisi tubuh dan punggung sang ibu dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Senam nifas juga dapat membantu memperbaiki otot pelvis, tonus, otot perut dan otot panggul pasca melahirkan. Berikut ini akan dijelaskan cara senam nifas yang dapat dengan mudah Anda praktekkan di rumah.

Gerakan Senam Nifas

Hari 1

Tubuh tidur terlentang dan santai. Lakukan pernafasan perut yaitu mengambil nafas melalui hidung dengan mengembungkan perut, tahan nafas  5 – 8 detik kemudian buang nafas melalui mulut dengan menarik otot perut. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 2

Tubuh tidur terlentang dan relaks. Kedua tangan dibuka lebar ke samping sampai sejajar dengan bahu kemudian pertemukan kedua tangan tepat diatas muka. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 3

Tubuh tidur terlentang dengan posisi tangan disamping badan. Kedua kaki ditekuk, lutut menghadap keatas sehingga kedua telapak kaki menapak pada lantai/kasur. Angkat pantat setinggi yang Anda bisa lalu tahan 3 – 5 detik, kemudian turunkan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 4

Tubuh tidur terlentang dengan lutut ditekuk sehingga tumit menyentuh pantat. Angkat kepala seolah hendak mencium lutut. Kemudian taruh kepala kembali. Ulangi gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 5

Tubuh tidur terlentang, kaki lurus diangkat keatas. Tangan kanan menyentuh lutut kiri lalu tangan kiri menyentuh lutut kanan secara bergantian. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 6

Tidur terlentang dengan kaki lurus, kemudian lutut kiri dan kanan secara bergantian ditekuk kearah perut. Ulangi gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 7

Tidur terlentang dengan kaki lurus, lalu kaki dibuka ke samping dan di putar ke arah luar secara bergantian kiri dan kanan. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali.

Hari 8, 9, 10

Tidur terlentang dengan kaki lurus, lakukan sit up yaitu bangun dari tidur dan kedua telapak tangan di letakkan di tengkuk. Lakukan gerakan ini 5 – 10 kali. Jika sudah merasa mampu melakukannya lebih banyak maka lakukanlah.

Selamat mencoba SENAM NIFAS..

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge