Segudang Manfaat Senam Hamil

Foto Senam Hamil

Foto Senam Hamil

Banyak perubahan fisik dan psikologis terjadi pada ibu hamil yang telah memasuki tahap trimester 3 kehamilan.

Selain perubahan fisik yang lebih drastis dibanding sebelumnya, perubahan mental dan psikologi ibu hamil juga mulai tidak stabil. Hal ini karena ibu yang sedang hamil tua dihantui oleh rasa takut persalinan yang semakin dekat waktunya, apalagi jika kehamilan itu adalah kehamilan pertama. Untuk mengurangi rasa beban masalah ini seorang ibu hamil disarankan untuk melakukan senam hamil.

Senam hamil adalah latihan gerak tubuh atau olah tubuh khusus bagi ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan trimester ke 3 atau 6 bulan keatas, kecuali ada kelainan tertentu pada kehamilan. Senam ibu hamil berguna bagi wanita hamil untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental menjalani proses persalinan dengan cepat, mudah dan aman.

Senam wanita hamil sangat disarankan oleh dokter kandungan karena senam hamil merupakan gerakan khusus yang dirancang untuk melatih dan memperkuat otot-otot tubuh yang berhubungan dengan persalinan. Senam untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk mengurangi keluhan-keluhan yang biasa dialami oleh sang ibu terutama pada trimester III kehamilan, seperti pegal-pegal pada punggung dan kaki serta sakit dibagian tubuh tertentu.

Senam kehamilan dapat Anda lakukan dengan mengikuti program senam hamil yang ada di rumah bersalin atau rumah sakit. Biaya untuk mengikuti program ini juga relatif murah, sekitar Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per sesi. Jika anda tidak punya waktu atau lokasi senam hamil terlalu jauh dari rumah, Anda dapat melakukan senam hamil di rumah. Anda dapat juga mengganti senam hamil dengan melakukan olahraga seperti jalan-jalan pagi, yoga, berenang atau bahkan meditasi.

Manfaat senam hamil juga telah diakui oleh banyak ibu yang telah melahirkan bayinya. Para ibu menjadi lebih percaya diri dan mempunyai kekuatan lebih pada saat melahirkan. Senam hamil melatih diri untuk mengatur nafas pada saat melahirkan dan melatih otot untuk persiapan proses persalinan. Teknik senam hamil akan memberikan bekal bagi ibu hamil bagaimana cara mengambil nafas dan cara mengedan yang benar agar proses kelahiran tidak sulit dan cepat. Disamping itu tenaga sang ibu juga dapat dikendalikan dan ditingkatkan.

Cara senam hamil juga melatih sang ibu untuk tidak melawan rasa sakit selama kontraksi karena hanya akan menghabiskan tenaga dan akan membuat rasa sakit tersebut semakin parah. Sebagai hasilnya sang ibu bisa mengatasi rasa sakit yang luar biasa dengan baik. Fungsi senam hamil yang utama adalah menurunkan rasa sakit pada saat melahirkan, memperkecil risiko kematian sang ibu dan mempercepat proses pemulihan rasa sakit pasca melahirkan.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge