April 10th, 2016

Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah sangat penting untuk kehidupan kita karena semua orang ingin sehat dan panjang umur. Pola hidup sehat merupakan sebuah pilihan yang dapat diambil atau tidak diambil. Pola hidup sehat tidak sesulit apa yang dikatakan banyak orang karena kita dapat mengontrol setiap tindakan yang kita lakukan untuk kesehatan kita. Berikut ini akan diuraikan pola hidup sehat dengan cara yang sederhana.

Pola hidup sehat – Menghirup Udara Segar

Udara yang segar dan bersih merupakan kebutuhan mutlak untuk menjalani pola hidup sehat. Hentikan kebiasaan merokok jika telah terlanjur kecanduan merokok. Bila belum pernah merokok jangan pernah mencobanya walaupun hanya 1 kali.

Menjalani aktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor yang ber-AC, menunggu di halte bis dan naik bis umum membuat kualitas udara yang kita hirup menjadi kurang bersih. Belum lagi jika secara tidak sadar kita telah menjadi perokok pasif. Maka dari itu kita membutuhkan udara yang bersih. Sempatkanlah minimal 1 minggu sekali untuk pergi ke tempat asri yang udaranya masih asli dan sejuk.

Pola hidup sehat – Minum Air Putih

Jangan sepelekan air putih. Meminum air putih 6-8 gelas setiap hari membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jika seseorang kurang cukup mengkonsumsi air putih maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Jika memungkinkan kurangi konsumsi teh, kopi dan minuman bersoda dan gantikan dengan air putih.

Pola hidup sehat – Tidur malam 6-7 jam

Tidur malam yang nyenyak akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Idealnya untuk menjalankan pola hidup sehat adalah tidur malam antara 6-7 jam setiap malam. Penelitian mengatakan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 4 jam dalam semalam tidak sesehat orang yang tidur 6-7 jam semalam.

Pola hidup sehat  – Makan buah dan sayuran

Kebiasaan baik pola hidup sehat adalah memakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan dibandingkan dengan daging. Tetapi bukan berarti daging tidak baik untuk kesehatan namun kebutuhan tubuh terhadap protein dan lemak daging lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan tubuh terhadap serat dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan.

Pola hidup sehat – No Rokok dan Alkohol

Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol sudah jelas merupakan gaya hidup yang tidak sehat. Nasib orang yang merokok sudah tertera pada bungkus rokok yaitu “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.” Mengkonsumsi alkohol dapat merusak organ pencernaan dan organ tubuh penting lainnya.

This entry was posted on Sunday, April 10th, 2016 at 6:40 am and is filed under Gaya Hidup, Kesehatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Pola Hidup Sehat”

  1. Tips Kesehatan dan Kecantikan Says:

    Menjaga kesehatan sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan tips dan cara diatas sangat bagus untuk dicoba, terima kasih sudah sharing.. 😉 Tips Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply