January 25th, 2012

Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Penyebab Kemandulan

Penyebab Kemandulan

Kemandulan adalah ketidakmampuan seseorang mempunyai anak. Kemandulan dapat terjadi pada wanita dan pada pria. Sebagian orang menganggap kemandulan adalah sama dengan tidak subur.

Padahal kenyataannya berbeda. Pada pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun belum diberikan anak tidak selalu mengalami kemandulan, tetapi yang lebih sering terjadi adalah pasangan yang infertil atau pasangan yang tidak subur. Infertil dapat terjadi pada salah satu dari pasangan tersebut atau kedua-duanya.

Sayangnya sampai saat ini kemandulan tidak bisa diatasi kecuali dengan pengobatan yang khusus dan tentunya dengan biaya yang relatif mahal. Karena kemandulan pada dasarnya adalah kerusakan permanen yang terjadi pada pabrik sperma dan indung telur sehingga tidak dapat menghasilkan spermatozoa dan sel telur.

Ada beberapa sebab kemandulan. Pada pria, dapat disebabkan jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit atau bahkan tidak menghasilkan sperma sama sekali. Gangguan juga dapat terjadi pada bentuk sperma yang dihasilkan. Sperma yang dihasilkan tidak normal sehingga pergerakannya pun menjadi tidak normal. Hal ini jelas mempengaruhi kemampuan sel sperma untuk mencapai sel telur untuk kemudian membuahinya.

Kemandulan pada wanita disebabkan karena saluran tuba tertutup. Tertutupnya saluran tuba ini bisa dikarenakan endometriosis, infeksi dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik. Hal lain yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita adalah Mioma uteri dan gangguan rahim.

Kemandulan dapat diobati dengan obat khusus, inseminasi, pembedahan dan bayi tabung. Pada suatu keadaan tertentu semua cara tersebut akan digabung untuk mengobati kemandulan. Tentunya dengan biaya yang sangat mahal dan terapi yang disiplin yang tinggi. Namun hasilnya sepertiga dari pasangan yang mengalami kemandulan berhasil memiliki anak setelah menjalani serangkaian pengobatan ini.

This entry was posted on Wednesday, January 25th, 2012 at 1:35 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply