September 11th, 2016

Mengetahui Masa Kehamilan

Menjaga Kehamilan Selama Masa Kehamilan

Menjaga Kehamilan Selama Masa Kehamilan

Berita kehamilan adalah salah satu hal yang paling membahagiakan bagi pasangan yang baru menikah. Namun ternyata tidak semua calon ibu mengetahui kehamilan yang sedang terjadi pada dirinya. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan karena ibu tidak tahu apa yang harus dilakukannya dan apa yang harus dihindari.

Berikut ini akan dijelaskan fase kehamilan yang mudah dipahami oleh seorang ibu yang baru mengandung. Seorang ibu diharapkan akan dapat menjaga kehamilan dengan mengetahui dengan jelas tahap-tahap kehamilan. Masa kehamilan dibagi menjadi 9 tahap yaitu :

Bulan 1

Janin memiliki panjang tubuh kira-kira 2 mm. Organ otaknya mulai terbentuk, wajahnya masih berupa benjolan dan sumsum tulang belakangnya baru mulai tumbuh. Pada saat inilah proses kehamilan sudah mulai berjalan walaupun masih tampak sangat sederhana. Pada bulan ini umumnya sang ibu belum mengetahui bahwa dirinya telah hamil.

Bulan 2

Jantung pada janin mulai berdetak ketika memasuki umur 6 minggu dan hampir semua organ tubuhnya telah tumbuh begitu juga dengan tulang pada wajah, mata, jari-jari pada tangan dan kaki.

Bulan 3

Organ tubuhnya semakin jelas terbentuk. Kepala janin sudah mulai jelas dan ukurannya lebih besar dari badannya untuk memfasilitasi syaraf otak yang berkembang pesat. Janin telah dilindungi oleh cairan ketuban dan mulai belajar bergerak seperti menendang dengan refleks.

 Bulan 4

Jantungnya mulai berdetak dan paru-parunya mulai berkembang. Wajahnya sudah dapat membuat ekspresi tertentu, rambut, bulu mata dan alis sudah mulai tampak. Selama kehamilan sang ibu akan merasakan lemah yang bertambah-tambah seiring dengan usia kandungannya.

Bulan 5

Janin sudah mulai bereaksi jika mendengar suara ibunya, sidik jarinya sudah mulai tampak dan sesekali menghisap jempol. Akar gigi muncul dan sekujur tubuh janin diliputi rambut halus (lanugo).

Bulan 6

Alat kelaminya sudah mulai terbentuk dan hidungnya sudah terbuka dan mulai belajar bernafas. Tulang-tulangnya terus mengeras dan syaraf organ otaknya sudah semakin kompleks. Janin melakukan gerakan salto atau memutarkan kepalanya yang semula diatas menjadi di bawah.

Bulan 7

Tubuh janin sudah mulai dilapisi dengan lemak dan rambut di kepalanya sudah mulai tumbuh. Otaknya mulai dapat merekam, kelopak matanya sudah dapat membuka dan dapat mendengar suara dari dalam maupun dari luar secara samar-samar.

Bulan 8

Tubuhnya semakin sempurna namun gerakannya menjadi terbatas. Dapat berkedip jika melihat cahaya dari perut ibunya. Organ otak dan yang lainnya semakin matang dan menuju sempurna. Janin semakin siap untuk lahir ke dunia.

Bulan 9

Kepala janin sudah pada posisi di rongga panggul ibunya. Perut ibu semakin sering merasakan gerakan atau tendangan dari janin yang lebih aktif. Janin terus belajar bernafas, menelan cairan ketuban, menghisap jempol dan mengekspresikan wajah. Janin sudah siap untuk dilahirkan kapan saja.

Persiapan persalinan untuk keperluan ibu menjelang kelahiran :

  1. Baju tidur yang nyaman (daster).
  2. 1 set baju pergi untuk dikenakan ketika pulang dari rumah sakit atau rumah bersalin.
  3. Sandal yang mudah dipakai dan dilepaskan.
  4. Pakaian dalam.
  5. Pembalut wanita khusus ibu bersalin.
  6. Gurita atau korset ibu ibu bersalin.
  7. Perlengkapan pribadi, seperti sisir, bedak, ikat rambut, dll.
  8. Handuk dan perlengkapan mandi.

Persiapan persalinan untuk keperluan bayi menjelang kelahiran :

  1. Popok beberapa buah
  2. Baju bayi bawa 2 buah
  3. Selimut dan bedong
  4. Kaos kaki dan kaos tangan
  5. Kain untuk gendongan

This entry was posted on Sunday, September 11th, 2016 at 6:42 pm and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply