Makanan Hamil Untuk Menunjang Perkembangan Janin

Makanan Hamil

Makanan Hamil

Wanita hamil tentu memiliki kebutuhan gizi yang berbeda di bandingkan dengan wanita dewasa yang tidak hamil pada umumnya. Kebutuhan gizi ibu hamil lebih banyak karena ada permintaan nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam rahim.

Perkembangan janin dalam rahim adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan dia sepanjang hidupnya di dunia nanti, maka itu ibu hamil harus memperhatikan makanan hamil apa saja yang dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut ini akan diuraikan dengan jelas makanan untuk ibu hamil yang sangat bermanfaat dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Makanan ibu hamil yang baik pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan makanan bergizi untuk orang biasa. Namun ada kebutuhan gizi yang meningkat jumlahnya ketika hamil. Makanan sehat saat hamil adalah makanan yang banyak mengandung kalsium, zat besi, vitamin, protein dan serat.

Makanan yang tinggi kalsium adalah madu dan susu untuk ibu hamil yang rendah lemak. Ibu hamil harus memperhatikan asupan kalsium karena kebutuhannya lebih banyak untuk membentuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Jika asupan kalsium kurang maka janin akan mengambil persediaan kalsium dari tubuh sang ibu, hal ini tentu berakibat buruk karena sang ibu akan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang di usia muda.

Makanan kehamilan lainnya yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi ibu hamil adalah telur, keju, yogurt, daging merah (yang tidak banyak lemak), ikan tuna. Makanan ini mempunyai kandungan protein yang tinggi yang berguna untuk membentuk sel-sel pada tubuh janin. Jeruk, paprika, strawberry adalah makanan bagi ibu hamil yang akan mencegah infeksi dan membantu pertumbuhan plasenta karena mengandung vitamin C.

Sayuran tentunya adalah makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung banyak serat dan vitamin. Pilihlah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam dan brokoli karena kaya akan zat besi dan asam folat. Biji-bijian seperti buncis, kacang polong, kacang merah, kedelai, gandum, kacang panjang, beras merah juga adalah makanan yang baik untuk ibu hamil.

Ikan salmon mengandung protein kualitas tinggi dan omega 3 yang dapat menjadi makanan sehat saat hamil. Buah-buahan yang beraneka warna seperti merah, kuning, orange dan sayuran segar harus menjadi makanan saat hamil sehari-hari.

Perlu diketahui, ibu hamil harus memperhatikan diet hamil yang sehat, maksudnya pada menu untuk ibu hamil sehari-hari jumlah makanannya tidak harus 2 kali lipat dari biasanya namun lebih mengarah kepada padat gizi dan nutrisi penting untuk ibu dan janin. Contohnya jika sang ibu sebelum hamil mempunyai kebiasaan ngemil makanan yang tidak bergizi, sebisa mungkin saat hamil camilan itu di hapus dari menu ibu hamil tersebut. Diet ibu hamil akan membawa kebaikan bagi janin yang akan dilahirkannya kelak dan tentu saja baik juga dampaknya bagi sang ibu. Ibu yang telah melahirkan bayinya tidak akan terlalu kesulitan menurunkan berat badan yang naik pasca melahirkan karena menjalankan diet hamil yang sehat.

Selama hamil, ada juga pantangan makanan ibu hamil. Memakan telur dan daging mentah atau setengah matang, ikan laut yang mengandung mercuri, sayuran mentah seperti salad dan lalapan, susu sembarangan yang tidak di sterilisasi, minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh dan tentunya jangan sekali-kali meminum alkohol. Merokok dan menghirup asap rokok secara rutin juga dapat menyebabkan gangguan kehamilan, janin dapat menjadi cacat atau bahkan keguguran.

Sekian ulasan tentang seputar makanan hamil dan kandungan nutrisinya, semoga dapat memberikan manfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi ini.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge