September 12th, 2016

Komedo

Komedo adalah masalah kulit wajah yang diderita hampir seluruh orang dewasa di dunia ini. Semua orang tidak menginginkan komedo. Pada dasarnya komedo di bagi menjadi 2 kategori yaitu komedo tertutup (whiteheads) dan komedo terbuka (blackheads). Banyak cara dan obat yang ditawarkan untuk menghilangkan komedo.

Produk-produk kosmetik dari yang murah sampai yang mahal semuanya menjanjikan wajah bersih dari komedo dan jerawat. Namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa mahalnya produk tidak menjamin bahwa wajah akan menjadi bersih dari komedo. Berikut ini akan diuraikan langkah-langkah sederhana untuk mencegah dan menghilangkan komedo dari wajah.

Mencegah Komedo

Mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan kulit yang bersih. Paling tidak cucilah wajah 1 kali dalam 1 hari dengan menggunakan air bersih dan sabun khusus wajah. Jangan gunakan sabun mandi untuk wajah karena akan membuat kulit wajah terasa kering dan kaku. Jika wajah Anda berminyak gunakanlah sabun muka khusus untuk kulit berminyak dan jika kulit wajah Anda cenderung kering atau normal gunakankah sabun muka untuk kulit normal.

Komedo dapat dilawan dengan asam salisilat. Asam salisilat adalah bahan aktif untuk mencegah dan menghilangkan komedo dan jerawat. Bahan aktif ini akan mengeluarkan kotoran, lemak, dan sel-sel kulit mati dari pori-pori kulit wajah kemudian wajah akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari komedo.

Menghilangkan Komedo

Komedo memang tidak mudah untuk dihindari, bahkan bagi orang yang telah berusaha merawat dan membersihkan wajah dengan teratur dan benar. Sesungguhnya komedo hanya bisa di minimalisir atau dikurangi tetapi tidak bisa dihilangkan 100%.

Tentunya Anda pernah kesal dengan komedo yang ada di wajah Anda. Jika tidak sabar mungkin Anda langsung memencetnya dengan alat pemencet komedo atau bahkan dengan jari dan kuku Anda. Tindakan seperti ini sepenuhnya adalah salah.

Mungkin sesaat Anda puas karena komedo yang ada di wajah Anda telah keluar, namun tindakan ini menimbulkan kemerahan dan bekas luka wajah yang sulit dihilangkan, bahkan jika lebih parah lagi kulit dapat meradang dan menimbulkan infeksi.

Menghilangkan komedo tidaklah sulit jika dilakukan perawatan dengan teratur. Berilah wajah uap dari air hangat, dengan demikian pori-pori wajah akan terbuka dan kotoran akan mudah dibersihkan. Pakailah sabun muka khusus jerawat dan komedo untuk mempercepat proses pembersihan wajah dari komedo. Jangan terbuai dengan produk perawatan wajah dengan harga yang mahal karena harga tidak menjamin kualitas dan keberhasilan dalam membersihkan wajah.

This entry was posted on Monday, September 12th, 2016 at 6:55 pm and is filed under Kesehatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply