June 19th, 2012

Ketombe

Ketombe pada dasarnya adalah penumpukan sel kulit mati dalam bentuk sisik putih pada kulit kepala. Sama seperti kulit lain pada tubuh kita yang selalu memiliki sel-sel kulit mati yang menumpuk jika tidak dibersihkan.

Ketombe adalah masalah klasik kulit kepala yang diderita sebagian besar orang dewasa. Kebanyakan ketombe disebabkan oleh gangguan dari minyak yang mensekresi kelenjar dan dikenal dengan nama seborrhea. Ketombe terdiri dari potongan –potongan kecil kulit mati yang mengelupas dari kulit kepala sebagai akibat dari pengaruh metabolisme.

Pada tahap awal, ketombe tidak terlihat dengan mata telanjang. Ketombe terlihat sebagai potongan besar kulit mati yang biasanya kita sebut “ketombe”. Seseorang yang menderita ketombe untuk waktu yang lama dikatakan memiliki penyakit ketombe. Penyakit ini akan menyebabkan rasa gatal jika tidak diobati dan dirawat. Salah satu cara untuk mengobati ketombe adalah mencegah pertumbuhan bakteri karena penyebab ketombe didukung oleh bakteri pada kulit kepala.

Secara umum ada dua macam ketombe yaitu ketombe kering dan berminyak. Ketombe kering berbentuk serpihan yang sering jatuh di bahu. Sedangkan ketombe berminyak bersifat lengket dan menggumpal pada kulit kepala. Penyebab ketombe bervariasi, ada yang mengatakan kulit kepala kering adalah penyebab ketombe. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Bahkan ada orang yang memiliki kulit kepala berminyak juga memiliki ketombe.

Diet yang salah adalah salah satu penyebab dari ketombe. Seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini cara menghilangkan ketombe:

  • Gunakan shampoo anti ketombe saat mencuci rambut Anda.
  • Jika ketombe Anda telah parah maka gunakanlah ketoconazole yang berguna sebagai obat anti jamur.
  • Hindari memakan kacang-kacangan, cokelat, makanan gorengan dan kerang.
  • Ikuti diet tinggi serat dengan memakan sayuran, ayam, ikan, susu, dan produk makanan tinggi vitamin A, E dan B kompleks.

This entry was posted on Tuesday, June 19th, 2012 at 7:20 pm and is filed under Kesehatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply