Kehamilan Muda dan Perhitungan Usia Kehamilan

Kehamilan Muda dan Perhitungan Usia Kehamilan

Kehamilan Muda dan Perhitungan Usia Kehamilan

Kehamilan muda bagi sebagian besar wanita adalah masalah tersendiri bagi tubuhnya. Wanita yang sedang hamil muda akan merasakan perubahan dan gangguan – gangguan kecil yang mungkin dapat menghambat aktifitasnya sehari-hari. Gangguan itu meliputi fisik dan mental. Gangguan fisik yang biasanya terjadi pada saat kehamilan dini adalah :

  1. Kaki dan tangan bengkak. Hal ini terjadi karena volume darah yang beredar bertambah menjadi 2 kali lipat dari keadaan normal.
  2. Mual dan muntah. Ini adalah reaksi alami dari tubuh karena keberadaan benda asing (janin). Namun seiring bertambahnya usia kehamilan mual dan muntah akan hilang dengan sendirinya.
  3. Lebih sensitif. Wanita yang sedang hamil muda jadi berubah mudah marah, sedih, kesepian, manja dan malas. Perubahan perilaku ini disebabkan oleh naik turunnya hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh.
  4. Sulit konsentrasi. Sebagian wanita hamil akan mengalami sulit berkonsentrasi karena tubuhnya bekerja lebih ekstra untuk pertumbuhan janin.
  5. Pertumbuhan rambut dan kuku. Perubahan hormon yang terjadi pada wanita yang hamil muda menyebabkan rambut dan kuku tumbuh lebih cepat dibanding sebelumnya.

Perhitungan usia kehamilan dapat diketahui dari cara-cara berikut ini :

  1. Hari pertama menstruasi terakhir. Dokter bisa menghitung usia kehamilan dan tanggal kelahiran yang dihitung dengan rumus Naegele. Rumus Naegele yaitu hari ditambahkan 7, bulan di kurangi 3, tahun ditambahkan 1. Kelemahan rumus ini adalah hanya bisa diterapkan pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur antara 28 – 30 hari. Dan hanya sekitar 5% bayi yang lahir tepat dengan perhitungan ini.
  2. Gerakan pada janin juga dapat digunakan untuk hitung usia kehamilan. Pada kehamilan pertama, gerakan janin sudah mulai terasa pada umur kehamilan 18 – 20 minggu. Pada kehamilan kedua gerakan janin sudah terasa pada umur kehamilan 16 – 18 minggu.
  3. Tinggi rahim. Jika jarak puncak rahim sampai tulang kemaluan adalah sekitar 28 cm maka dapat diperkirakan usia kehamilan sudah menginjak 28 minggu. Jika tinggi puncak rahim sudah mencapai 36 cm maka usia kehamilan telah menginjak 36 minggu.
  4. Kalkulator kehamilan. Dokter atau bidan kandungan biasanya juga mengandalkan kalkulator kehamilan dengan berpatokan pada hari pertama menstruasi terakhir.
  5. Ultrasonografi (USG). Cara menghitung usia kehamilan dengan menggunakan USG adalah yang paling akurat diantara yang lainnya yaitu mencapai 95%.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge