Kehamilan Letak Sungsang dan Cara Persalinan Sungsang

Letak Bayi Sungsang

Kehamilan Sungsang

Kehamilan sungsang atau disebut juga posisi sungsang adalah suatu keadaan dimana janin yang ada di dalam rahim mempunyai posisi kepala di atas dan bagian terbawah adalah pantat janin, sehingga pada saat proses persalinan normal kaki atau pantat bayi akan keluar terlebih dahulu dan kepala akan keluar paling terakhir.

KEHAMILAN SUNGSANG

Letak bayi sungsang dibagi sebagai berikut :

  1. Letak sungsang murni yaitu pantat yang menjadi bagian depan dan tungkai lurus keatas.
  2. Letak pantat dan kaki
  3. Letak lutut
  4. Letak kaki

PENYEBAB KEHAMILAN SUNGSANG

Penyebab bayi sungsang antara lain adalah kehamilan kembar, hidrosefalus, cairan amniotik yang berlebihan, anencefaly, kelainan pada rahim, janin mempunyai ari-ari yang pendek, ada miom pada rahim sang ibu, janin terlilit tali pusar sehingga tidak bisa berputar dan ukuran (kepala) bayi lebih besar dari panggul ibu.

Seorang wanita dengan kondisi kehamilan sungsang masih mempunyai kesempatan untuk melahirkan secara normal selama kehamilan letak sungsang tersebut memenuhi beberapa persyaratan yaitu :

  1. Janin tidak terlalu besar untuk melewati panggul ibu. Jika berat janin diperkirakan diatas 3,5 kg maka dokter akan memutuskan untuk melakukan caesar.
  2. Plasenta dalam keadaan baik dan posisi yang baik serta kuat
  3. Tidak terdapat kelainan pada jalan lahir seperti tumor, dll.
  4. Proses tahapan pembukaan jalan lahir berlangsung lancar dan tidak bermasalah
  5. Jika persalinan sungsang ini adalah persalinan anak pertama maka akan disarankan melakukan operasi caesar karena panggul ibu belum pernah melahirkan dan hal ini berisiko tinggi bagi bayi.

POSISI KEHAMILAN SUNGSANG

Namun demikian persalinan normal dengan posisi bayi sungsang mempunyai risiko lebih tinggi dibandingkan posisi bayi normal. Dokter cenderung akan memilih cara persalinan sungsang dengan melakukan melakukan operasi caesar.

3-4 bayi dari 100 bayi akan lahir sungsang. Jika terjadi persalinan prematur kemungkinan melahirkan sungsang akan lebih tinggi. Jika umur kandungan sudah menginjak 28 minggu kemungkinan melakukan persalinan sungsang adalah 25%.

Tips untuk mengatasi bayi sungsang adalah bila belum sampai 9 bulan atau belum mendekati kelahiran, sang ibu disarankan memperbanyak senam hamil dengan melakukan posisi sujud sesering mungkin. Hal ini dapat membantu memperbaiki kehamilan sungsang.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge