Kehamilan Ektopik Terganggu dan Hamil diluar Kandungan

Kehamilan Ektopik Terganggu

Kehamilan Ektopik

KEHAMILAN EKTOPIK

Pengertian kehamilan ektopik adalah suatu keadaan dimana sel telur yang telah dibuahi tidak melekat pada dinding rahim namun melekat di tempat lain yang bukan semestinya, yaitu pada rongga perut, leher rahim, indung telur atau pada saluran telur (tuba falopi).

Hamil ektopik atau disebut juga hamil diluar kandungan berpeluang terjadi 1 kali pada 100 kali kehamilan. Penyebab hamil di luar kandungan antara lain radang saluran telur, kelaianan anatomi pada tuba, kebiasaan merokok, ibu hamil sudah berusia tua atau pernah operasi saluran telur.

KEHAMILAN EKTOPIK – HAMIL DI LUAR KANDUNGAN

Kehamilan ektopik terganggu (KET) adalah sebuah keadaan gawat darurat yang terjadi dimana dapat mengancam dan membahayakan nyawa ibu dan perkembangan kehidupan janin. Kehamilan di luar kandungan juga merupakan salah satu penyebab utama kematian sang ibu dan umumnya terjadi pada trimester 1.

Kehamilan diluar kandungan memberi peluang akar plasenta melekat pada saluran telur. Dengan demikian saluran telur akan mengalami pendarahan kecil yang berulang-ulang kemudian embrio yang melekat pada saluran telur tersebut akan lepas secara spontan (abortus tuba). Hamil diluar rahim tidak akan dapat dipertahankan karena bila embrio menempel pada saluran telur akan mengakibatkan saluran telur tersebut bengkak dan pecah.

Gejala kehamilan ektopik yang umumnya terjadi adalah merasakan sakit nyeri pada perut (kram perut) dan terjadi pendarahan. Pendarahan pada kehamilan diluar rahim akan sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan sang ibu.

Tanda-tanda hamil di luar rahim yang harus di waspadai diantaranya adalah merasakan nyeri yang luar biasa di bagian bawah perut kemudian dapat menyebar ke seluruh perut, mual, sakit di salah satu panggul, pingsan dan pendarahan seperti menstruasi. Tanda-tanda kehamilan di luar rahim biasanya baru dapat dirasakan pada usia kehamilan antara 6 – 10 minggu.

Penyebab kehamilan ektopik harus dihidari oleh setiap wanita yang akan hamil karena kasus kehamilan ektopik adalah keadaan yang sangat berbahaya bagi sang ibu. Asuhan keperawatan kehamilan ektopik adalah dengan laparoskopi. Pada laparoskopi akan dilakukan pembersihan sampai dengan pengangkatan saluran telur (tuba falopi).

Mudah-mudahan kita dijaukan dari KEHAMILAN EKTOPIK

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge