September 12th, 2016

Hamil Sehat dengan Memenuhi Nutrisi Hamil Sang Ibu

Makanan Ibu Hamil Untuk Pemenuhan Nutrisi Hamil

Makanan Ibu Hamil Untuk Pemenuhan Nutrisi Hamil

Hamil sehat adalah impian bagi semua ibu yang sedang mengandung. Bagi ibu yang sedang menjalani kehamilan pertama tentu saja belum mempunyai banyak pengalaman tentang kehamilan. Begitu pula dengan masalah asupan gizi yang dibutuhkan bagi ibu dan janin. Untuk itu pada tulisan kali ini, akan diberikan tips ibu hamil mengenai makanan yang baik untuk wanita hamil serta takaran yang dibutuhkan dalam satu hari. Jika tubuh ibu sehat hamil akan semakin mudah dan lancar.

HAMIL SEHAT

Berikut ini adalah nutrisi hamil yang dibutuhkan untuk HAMIL SEHAT dan janin dalam rahim :

  1. Makanan yang harus paling banyak takarannya adalah makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat yang baik terdapat pada nasi, roti dan sereal. Jumlah penyajian yang dianjurkan dalam sehari sebanyak 6-7 kali serta alternatif lainnya.
  2. Setelah karbohidrat terpenuhi kemudian diikuti dengan asupan serat, vitamin ibu hamil dan mineral. Asupan ini dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran segar. Serat, vitamin dan mineral sangat membantu pencernaan. Vitamin juga berguna untuk perkembangan tubuh janin. Jika ibu merasa belum cukup menjaga asupan vitamin, ibu dapat melengkapinya dengan mengkonsumsi vitamin untuk ibu hamil dalam bentuk tablet dengan persetujuan dokter kandungan. Jumlah penyajian yang dianjurkan adalah 2 kali buah-buahan beraneka warna dan 2-3 kali sayuran segar dalam 1 hari.
  3. Selanjutnya, nutrisi kehamilan yang tidak boleh diabaikan adalah pemenuhan asupan protein, kalsium dan zat besi. Nutrisi ini dapat diperoleh dari telur, susu, daging segar, ikan, tahu dan tempe. Jumlah penyajian yang dianjurkan adalah 2 kali dalam 1 hari ditambah dengan 2 kali penyajian susu atau dapat digantikan dengan makanan tinggi kalsium.

HAMIL SEHAT

Vitamin untuk wanita hamil penting untuk pemenuhan gizi ibu dan janin namun sebelum Anda mengkonsumsi vitamin tambahan tersebut lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani kehamilan Anda. Vitamin A dan D adalah vitamin wanita hamil yang diperlukan selama kehamilan. Namun, suplemen vitamin A tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena akan menyebabkan cacat lahir pada bayi. Cara untuk mendapatkan vitamin A yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan alami sumber vitamin A seperti ikan, telur, susu, tomat, wortel dan margarine.

Selain makanan bergizi, ibu yang sedang hamil juga diharuskan merawat diri. Perawatan ibu hamil tidak harus mahal dan dilakukan di salon atau spa. Cukup melakukannya di dalam rumah dengan fasilitas yang ada. Ibu harus pintar merawat kebersihan kulit, wajah serta gigi dan setelah 7 bulan mulailah perbanyak olahraga ringan dan berjalan-jalan kaki di pagi hari. Ibu juga dapat mengikuti senam hamil untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik menghadapi persalinan. Perawatan yang ibu lakukan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan janin dalam rahim.

Tips bagi Anda yang berencana ingin segera hamil, berikut ini adalah makanan cepat hamil yang mudah-mudahan dapat membantu Anda segera mewujudkan impian Anda menjadi seorang ibu. Vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung dan mengatur hormon reporduksi. Makanan sumber vitamin B6 adalah kacang-kacangan, tauge, sayuran hijau dan biji-bijian.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan tabung otak janin. Asam folat terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau dan brokoli. Vitamin C, zat besi, zinc, dan air/mineral juga merupakan asupan penting yang harus diperhatikan jika Anda berencana ingin cepat hamil. Nutrisi ini terdapat pada buah-buahan, hati, daging merah, ayam, bayam, kerang, telur dan lainnya. Jangan lupa olah raga, hindari merokok dan minuman keras. Istirahat yang cukup serta perbanyaklah berdo’a.

SELAMAT MENJALANKAN HAMIL SEHAT..

This entry was posted on Monday, September 12th, 2016 at 6:42 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply