September 4th, 2011

Dampak dari Anemia Ibu Hamil

Anemia Ibu Hamil

Anemia Ibu Hamil

ANEMIA IBU HAMIL

Ibu hamil adalah salah satu kelompok yang sangat rentan dengan penyakit anemia.

Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan zat besi (FE) atau biasa disebut kurang darah.

Kebutuhan zat besi ibu hamil meningkat daripada pada saat tidak dalam keadaan hamil.

Pada kondisi biasa zat besi dapat tercukupi dari nutrisi makanan yang dimakan sehari-hari.

Namun pada saat hamil sang ibu harus mengkonsumsi tablet zat besi tambahan setiap harinya. Berikut ini akan diuraikan ciri-ciri, penyebab, dan cara menangani anemia khususnya pada ibu hamil.

Ciri-ciri ANEMIA IBU HAMIL

  1. Lemah, letih lesu, lemas, lalai
  2. Mudah pusing
  3. Pandangan berkunang-kunang
  4. Jantung berdebar-debar
  5. Sering sesak nafas
  6. Sulit konsentrasi dan mudah lupa
  7. Nafsu makan menurun
  8. Sering merasa ngantuk jika melakukan aktifitas
  9. Pingsan

Penyebab anemia ibu hamil

  1. Meningkatnya kebutuhan zat besi untuk perkembangan janin
  2. Kurangnya asupan zat besi pada saat kehamilan melalui nutrisi makanan atau suplemen tambahan
  3. Pola makan ibu terganggu karena sering mual dan menurunnya nafsu makan
  4. Sebelum hamil wanita ini sudah menderita anemia ringan atau sedang yang diakibatkan oleh menstruasi atau persalinan sebelumnya.

Berikut ini adalah angka kecukupan gizi (FE) :

  1. Bayi : 3-5 mg
  2. Balita : 8-9 mg
  3. Anak sekolah : 10 mg
  4. Remaja Laki-Laki : 14 – 17 mg
  5. Remaja Perempuan : 14 – 25 mg
  6. Dewasa Laki-Laki : 13 mg
  7. Dewasa Perempuan : 14 – 26 mg
  8. Ibu hamil : 14 – 26 mg (+20 mg)
  9. Ibu menyusui : 14 – 26 mg (+2 mg)

Anemia ibu hamil mempunyai potensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah, prematur, cacat bawaan, janin dan ibu mudah terkena infeksi, keguguran sampai risiko kematian pada saat melahirkan karena pendarahan yang berlebihan. Anemia pada ibu hamil dapat mengakibatkan bayi yang dilahirkannya berpotensi terkena asma dan perkembangan anak secara kognitif dan motorik menjadi terhambat.

Anemia dalam kehamilan akan merugikan si ibu, karena walaupun si ibu kekurangan zat besi, namun zat besi yang ada akan di prioritaskan untuk janin yang ada pada rahim. Namun jika si ibu kekurangan zat besi tingkat tinggi maka janin akan lahir dengan simpanan zat besi rendah. Ini jelas akan menjadikannya rentan terhadap kesehatan dan perkembangan selanjutnya.

Anemia hamil juga mengakibatkan terhambatnya perkembangan otak si bayi. Telah dibuktikan bahwa perkembangan otak bayi yang mempunyai zat besi yang cukup akan lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak memiliki zat besi yang memadai.

Ibu hamil anemia dapat mencegah kekurangan zat besi dengan cara makan secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang. Penuhi asupan gizi seimbang. Buatlah variasi makanan setiap harinya agar nutrisi yang akan di dapat menjadi lebih lengkap. Kurangi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh karena akan menghambat penyerapan zat besi. Jangan merokok dan hindari asap rokok sebisa mungkin.

Anemia pada kehamilan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi zat besi sekitar 40-45 mg setiap hari. Ibu hamil dengan anemia dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran berwarna hijau tua, buncis, kuning telur, hati, ikan, makanan laut, daging berwarna merah, kacang-kacangan, tahu dan tempe. Agar penyerapan zat besi lebih maksimal maka lebih baik dikonsumsi bersama buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Setelah kita mengetahui dampak anemia pada ibu hamil alangkah baiknya kita menghindarinya dengan berbagai upaya kesehatan dari ahli medis ataupun sekedar mengikuti tips anemia hamil yang telah diuraikan diatas. Kekurangan zat besi atau anemia pada ibu hamil jelas sangat membahayakan sang ibu dan sangat merugikan bayi yang akan dilahirkannya.

HINDARILAH ANEMIA PADA IBU HAMIL.

This entry was posted on Sunday, September 4th, 2011 at 10:00 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply