January 4th, 2012

Ciri Kehamilan dan Gejala Kehamilan

Ciri Kehamilan dan Gejala Kehamilan

Ciri Kehamilan dan Gejala Kehamilan

CIRI KEHAMILAN

 

Kehamilan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh suami istri yang belum pernah memiliki anak, apalagi usia pernikahan mereka sudah lama.

Kehamilan dapat terjadi kapan saja dan pada awal kehamilan biasanya sang istri tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Namun gejala kehamilan yang akan dijelaskan berikut ini merupakan ciri kehamilan yang dapat membantu Anda seorang istri untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak.

  1. Tidak mengalami haid bulanan seperti yang biasa dialami oleh Anda. Namun terlambat haid juga dapat disebabkan karena faktor lain dan bukan merupakan gejala hamil. Jika Anda sudah terlambat haid, lebih baik Anda memastikan kehamilan Anda dengan alat test kehamilan yang dijual bebas di apotek. Alat ini umumnya 99% akurat.
  2. Mual dan muntah disertai dengan rasa tubuh yang tidak bergairah terutama pada pagi hari / morning sickness, biasanya terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan Anda setelah proses pembuahan terjadi.
  3. Lebih sering buang air kecil dari biasanya, padahal jumlah air yang diminum tidak bertambah dan lebih cepat merasa lelah jika melakukan aktifitas rutin yang dikerjakan sehari-hari. Ini merupakan ciri kehamilan yang banyak dirasakan orang lain.
  4. Lebih peka dan sensiitif pada bau-bau tertentu yang akan membuat mual. Terkadang bau yang membuat rasa mual itu tidak datang dari bau yang tidak enak, bau dari makanan atau parfum yang sehari-hari di jumpai pun bisa membuat mual seketika.
  5. Kram perut yang sering dirasakan wanita pada awal kehamilan. Kram ini disebabkan karena rahim sedang menyiapkan ruangan untuk calon bayi.

Gejala kehamilan ini mungkin bagi setiap wanita tidak merasakan semuanya. Jika Anda merasa mengalami ciri kehamilan atau beberapa gejala kehamilan diatas maka sebaiknya Anda segera melakukan test kehamilan baik yang dilakukan di rumah ataupun datang ke dokter kandungan untuk periksa kehamilan.

Menurut ilmu medis, diagnosa kehamilan dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Tanda Pasti Kehamilan. Tanda ini baru akan ditemukan pada kehamilan yang telah berusia 16 minggu / 4 bulan atau tepatnya pada trimester II. Tanda yang muncul adalah merasakan detak jantung janin, merasakan gerakan janin, tubuh janin akan terasa jika diraba, dan terlihat ada bayangan janin ketika di periksa dengan X ray.
  2. Tanda Tidak Pasti Kehamilan.  Tanda ini meliputi pembesaran uterus, kontraksi uterus disertai dengan pembesaran perut. Tanda dugaan hamil meliputi pembesaran payudara, tidak mendapat menstruasi, malas, mual, muntah dan sering buang air kecil. Tanda-tanda ini merupakan deteksi kehamilan yang mendekati akurat.

Sekian pembahasan tentang ciri kehamilan dan gejala kehamilan. Semoga bermanfaat ya..:)

This entry was posted on Wednesday, January 4th, 2012 at 2:14 pm and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply