August 12th, 2016

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Anda ingin berhenti merokok? Ini merupakan tindakan yang tepat untuk memulai hidup yang lebih sehat. Tahukah Anda, sebagian besar orang yang berniat untuk berhenti merokok tidak berhasil berhenti merokok. Hal ini dikarenakan kurangnya dukungan dari lingkungan dan pengetahuan tentang cara berhenti merokok. Berikut ini akan diuraikan tips cara berhenti merokok agar dapat lebih memudahkan Anda untuk berhenti merokok.

Pertama-tama pastikan Anda telah mengetahui alasan kuat mengapa Anda ingin berhenti merokok. Merokok sangatlah merugikan kesehatan Anda dan orang disekitar Anda serta mengganggu keuangan Anda secara tidak sadar. Buanglah semua sisa rokok Anda yang belum terpakai dan jangan sekali-kali membeli rokok kembali walaupun hanya 1 batang. Ini adalah langkah termudah cara berhenti merokok.

Ketika pertama kali Anda mencoba berhenti merokok, maka Anda akan dihinggapi rasa gelisah, frustasi dan depresi. Perasaan ini wajar karena itu artinya Anda telah kecanduan nikotin pada rokok dan bila Anda tidak merokok otomatis Anda akan mengalami hai tersebut. Untuk mengatasinya lakukanlah terapi nikotin yaitu dengan cara mengunyah permen atau permen karet.

Merokok membuat orang menjadi lebih relaks dan jauh dari stress. Jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, maka Anda harus menemukan cara untuk membuat tubuh menjadi relaks seperti ketika merokok. Anda dapat menghindari stress dengan cara di pijat, yoga, berolahraga, mendengarkan musik dan lainnya. Ini juga merupakan cara berhenti merokok.

Dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar juga sangat membantu Anda untuk berhenti merokok. Beritahukan keluarga dan lingkungan kerja Anda bahwa Anda sedang melakukan program berhenti merokok. Tentunya mereka dengan senang hati akan membantu Anda. Jangan takut dan minder terhadap komentar tidak sedap dari orang disekitar Anda. Mantapkan dan yakinkan diri Anda bahwa yang akan Anda lakukan adalah hal yang benar.

Bersihkan rumah dari benda-benda yang berbau rokok seperti bungkus rokok, batang rokok, asbak dan korek api. Usahakan bau asap rokok juga hilang dari rumah Anda sehingga menggurangi keinginan Anda untuk kembali merokok. Pada jam –jam merokok Anda coba sibukkan diri Anda dan isi dengan aktivitas lain seperti olahraga ringan, berkebun, bermain dengan hewan peliharaan dan sebagainya.

Perbanyaklah meminum air putih dan memakan buah serta sayuran. Memakan buah-buahan, sayuran segar dan makanan rendah lemak adalah cara berhenti merokok. Bahkan menurut penelitian dengan memakan banyak makanan jenis tersebut membuat merokok terasa mengerikan. Selamat mempraktekkan!

This entry was posted on Friday, August 12th, 2016 at 6:43 pm and is filed under Gaya Hidup, Kesehatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply