Bahaya Rokok bagi Kesehatan

Gambar Bahaya Merokok

Gambar Bahaya Merokok

Pada kesempatan ini saya tertarik untuk membuat artikel tentang bahaya merokok mengingat dampak negatif yang ditimbulkannya sangat besar. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa merokok memang membawa dampak buruk bagi perokok itu sendiri dan bagi orang lain yang ada disekitarnya. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu marilah kita pahami lebih jauh tentang bahaya merokok.

Bahaya Rokok bagi Kesehatan

Bagi perokok, rongga mulut, gigi dan gusi sangat rentan dengan paparan asap rokok. Kekebalan rongga mulut akan menurun karena terpaksa harus menyerap sisa-sisa hasil pembakaran rokok. Suhu panas dari asap rokok yang dihisap terus menerus akan menghambat aliran darah dan mengurangi produksi air liur. Akibatnya rongga mulut menjadi kering dan mudah ditumbuhi bakteri. Tahukah Anda saat seseorang menghisap rokok temperatur rokok pada bibir adalah 30 derajat celcius dan temperatur pada ujung rokok yang terbakar adalah 900 derajat celcius!

Bagian gusi seorang perokok juga akan mengalami kerusakan secara bertahap. Gusi akan mengalami penebalan lapisan tanduk dan akibatnya akan terasa lebih kasar dan kaku. Nikotin menyebabkan menyempitnya pembuluh darah akibatnya menguranginya aliran darah di gusi dan menyebabkan penyakit gusi dan plak.

Radang gusi dapat diperparah dengan kandungan tar yang ada di dalam asap rokok. Radang gusi disebabkan oleh berkembangnya bakteri yang menimbulkan plak di sekitar gusi. Penelitian membuktikan bahwa plak dan karang gigi lebih banyak di derita oleh orang yang merokok dibanding dengan orang yang tidak merokok.

Bahaya rokok terhadap kesehatan juga diperparah dengan adanya nikotin yang terkandung di dalam rokok. Nikotin menghambat pertumbuhan serat-serat kolagen dan perlekatan jaringan ikat. Akibatnya regenerasi jaringan gusi yang seharusnya berjalan dengan optimal menjadi rusak.

Perokok aktif juga lebih rentan dengan kerusakan tulang penyangga gigi, gigi lebih mudah tanggal dan penyakit jaringan pendukung gigi yang parah. Semakin lama dan semakin sering dia merokok akan semakin memperburuk keadaan kesehatannya.

Bahaya Rokok bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak sekali-kali merokok karena bahaya rokok bagi ibu hamil dampaknya langsung dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa akibat ibu hamil merokok, janin akan lahir prematur, mempunyai berat badan lahir kurang dari standar, mempunyai volume otak yang kecil, mempunyai paru-paru yang berlubang-lubang, terhambatnya suplai sari makanan dari tubuh ibu ke janin dan cacat bawaan lahir lainnya.

Selama 1 tahun pertama setelah kelahiran, bayi akan sangat rentan terkena penyakit bila secara rutin ia dipaksa menjadi perokok pasif yang harus menghirup asap rokok dari orang tuanya. Penelitian menyatakan bahwa anak-anak akan lebih mudah menderita penyakit pernafasan dan penyakit paru-paru dari orang tuanya yang perokok dibanding dengan orang tuanya yang tidak merokok. Maka dari itu jangan pernah sepelekan bahaya rokok, karena bahaya asap rokok sangat mengancam kesehatan bahkan keselamatan anak-anak kita.

Kata Kunci Pencarian:

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge