January 15th, 2012

Alasan Mengapa Wanita Susah Hamil

Alasan Susah Hamil

Alasan Susah Hamil

Setelah menikah biasanya pasangan suami istri akan mempunyai rencana hamil. Pasangan suami istri yang baru menikah pasti ingin mendapatkan keturunan dengan segera. Namun sayangnya para pengantin baru belum mengerti apa yang harus mereka lakukan dan apa yang harus mereka hindari agar sang istri dapat hamil.

Terlebih bagi seorang istri, istri harus mengerti dan menyadari bahwa janin yang akan menjadi bayi akan tertanam pada tubuhnya, maka itu yang seharusnya lebih mempersiapkan kondisi agar hamil adalah sang istri.

 Wanita yang menyadari bahwa dirinya ternyata sulit hamil benar-benar menghadapi kekhawatiran yang berkepanjangan. Mereka merasa bersalah karena tidak bisa hamil. Mereka akan dihantui oleh kegelisahan yang tidak ada solusinya.

Apalagi jika sang suami tidak peduli dan cenderung menyalahkan sang istri. Akibatnya mudah ditebak, sang istri akan menjadi stress dan putus asa. Namun demikian, ada beberapa sebab umum yang dapat dihindari oleh sang istri dalam upayanya untuk hamil.

Penyalahgunaan Narkotika

Kecanduan narkoba adalah penyebab utama mengapa sang istri tidak dapat hamil. Zat kimia yang mematikan yang terkandung dalam narkoba dapat menghambat reproduksi hormon yang merupakan faktor pendukung untuk hamil. Mantan pecandu narkoba juga tidak luput dari musibah, walaupun dia dapat hamil tetapi kemungkinan besar bayi yang dilahirkannya cacat.

Mengkonsumsi Minuman Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak atau sedikit tidak ada bedanya, apalagi rutin, akan semakin memperparah keadaan dan kesehatan. Alkohol dapat merusak organ reproduksi, akibatnya wanita sulit hamil.

Merokok

Bahaya merokok bagi wanita jauh lebih besar daripada bagi laki-laki. Wanita merokok dapat menyebabkan sulit hamil dan bahkan dapat menyebabkan kemandulan. Jika dapat hamil, kemungkinan bayi lahir cacat. Jadi jauhi merokok. Menghirup asap rokok dari orang lain juga sebaiknya dihindari, karena risiko yang ditimbulkan oleh perokok pasif tidak kalah mematikannya dengan perokok aktif.

Stress

Stress yang kronis dapat menyebabkan penderitaan fisik dan mental. Ketika seorang istri berada dalam keadaan stress berat, biasanya dia akan sulit tidur dan mungkin mengalami depresi yang menyebabkan terganggunya produksi hormon dan menurunnya kualitas hormon.

Keguguran

Kejadian yang satu ini adalah mimpi buruk yang besar bagi wanita hamil. Pada trimester pertama janin yang ada dalam rahim masih belum kokoh pada posisinya sehingga sangat rawan gugur karena berbagai sebab. Keguguran terjadi terutama karena kecelakaan kecil yang dialami sang ibu, tetapi berakibat fatal bagi janin. Sekali saja seorang wanita mengalami keguguran, dia dapat mengalami ketidakseimbangan hormon.

Ovulasi Tidak Teratur

Faktor – faktor diatas memberi kontribusi pada ovulasi yang menjadi tidak teratur. Penelitian membuktikan bahwa banyak wanita yang walaupun memiliki periode haid bulanan yang baik tidak selalu memiliki ovulasi teratur. Hal ini mengakibatkan sang wanita kesulitan untuk hamil.

Masalah Anatomi Kista Ovarium

Kista Ovarium adalah salah satu penyebab wanita sulit hamil. Memiliki penyakit kista dapat menyebabkan rahim dan tuba tertutup jalannya. Kista dapat menghalangi pertemuan sperma dan telur, atau dengan kata lain dapat menghalangi pembuahan. Pasangan suami istri terlebih dahulu harus mengupayakan penyembuhan kista tersebut.

Infertilitas

Kondisi infertilitas dapat berlaku bagi pria dan wanita. Infertilitas dianggap sebagai penyebab yang peling menakutkan dari kegagalan konsepsi. Infertilitas pria umumnya berbeda dengan infertilitas wanita.

 

This entry was posted on Sunday, January 15th, 2012 at 1:56 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Alasan Mengapa Wanita Susah Hamil”

  1. kehamilan Says:

    Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya pembuahan pada sang bunda, namun dari semuanya tersebut hendaklah kita menyerahkan kepada Allah Swt.

Leave a Reply