December 30th, 2011

5 Langkah yang dapat Anda Lakukan Agar Hamil

Langkah Agar Hamil

Langkah Agar Hamil

Mengandung seorang anak merupakan kabahagiaan tersendiri bagi sang ibu, namun jika Anda belum pernah hamil maka Anda mungkin membutuhkan beberapa latihan seputar kehamilan.

Mengerti apa saja pengetahuan yang harus Anda pelajari membuat Anda berpeluang hamil. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dipahami agar cepat hamil.

  • Berat Badan Ideal: Sebelum hamil dan pada saat hamil Anda harus menyadari dan merencanakan berat badan Anda. Ini adalah cara agar hamil jika Anda mempunyai masalah kelebihan berat badan sebelum hamil maka hal itu dapat menurunkan kesempatan Anda untuk mempunyai keturunan. Selain itu, jika Anda berhasil untuk hamil, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan Anda. Jadi sangat penting bagi calon ibu untuk mengelola dan mengatur berat badan ideal mereka. Jika Anda ingin mengurangi berat badan Anda maka lakukanlah dengan benar dan jangan tergesa-gesa. Carilah sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya untuk mengurangi berat badan dengan cara yang sehat dan alami. Jangan mudah tergoda dengan pil pelangsing atau obat instan lainnya yang menjanjikan pengurangan berat badan dalam waktu yang relatif singkat.
  • Kurangi asupan Kafein : Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kafein kopi 1 cangkir setiap hari maka Anda tidak perlu menguranginya. Tetapi jika Anda merasa mengkonsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya segera dikurangi. Beberapa penelitian kesehatan tentang minuman berkafein menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein dapan menurunkan tingkat kesuburan untuk hamil. Lebih baik Anda memperbanyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk kehamilan.
  • Berhenti Merokok: Bagi wanita merokok sangatlah berbahaya. Merokok dapat menurunkan kesuburan dandapat menyebabkan telur (ovum) dalam rahim Anda tua lebih cepat dari umur Anda. Ovum wanita perokok yang berusia 30 seperti umur 40 tahun. Akibatnya Anda akan kesulitan untuk hamil dan rentan terhadap keguguran. Maka itu sekarang saatnya untuk mengatakan stop merokok bagi Anda wanita perokok demi kehamilan yang Anda inginkan.
  • Jangan Stress : Agar hamil biasanya dibutuhkan rata-rata beberapa bulan sampai akhirnya berhasil. Jika Anda berencana untuk hamil maka jangan biarkan diri Anda mengalami stress yang berat. Banyak cara menghilangkan stress, salah satunya dengan mengusahakan selalu berpikir positif dan menenangkan hati. Jika Anda memerlukan bantuan, pergi ke dokter spesialis mungkin menjadi alternatif yang baik. Jika saat ini usia Anda lebih dari 35 tahun maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan segera setelah 3 bulan mencoba untuk hamil.
  • Mulai menghitung siklus haid Anda : Biasakan diri Anda untuk menghitung masa subur dan mengikuti pola siklus haid Anda. Ini dapat membantu Anda mengerti tanda-tanda masa ovulasi pada diri Anda. Anda juga dapat mengidentifikasi hamil di kemudian hari dengan membuat jadwal yang lebih mudah dan terencana. Jika Anda mengerti pola siklus menstruasi Anda maka Anda dan pasangan Anda dapat lebih efektif dalam  menentukan waktu subur Anda untuk dibuahi. Semoga bermanfaat!

 

This entry was posted on Friday, December 30th, 2011 at 1:19 am and is filed under Kehamilan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “5 Langkah yang dapat Anda Lakukan Agar Hamil”

  1. asshyra syakila chandra Says:

    bagaimana cara menghitung siklus haid yg berantakan spt aku yg siklusnya kadang 14/16 hari

  2. khadijah Says:

    Masa subur akan mudah diketahui jika siklus haid anda setiap bulannya lancar dan normal. Ada ahli yang berpendapat sikulus haid normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke – 14 ( 28 : 2 ), masa suburnya 3 haari sebelum hari ke -14, yaitu ( 14 – 3 ) dan 3 hari setelah hari ke -14 yaitu hari ke -17 ( 14 + 3 ) adi masa subur terjadi pada hari ke -11 dan hari ke -17

    Ada pula cara / rumus lainnya dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, seperti berikut ini :

    Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13

    Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3

    Jika siklus haid tidak teratur :

    * Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

    * Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

    * Rumus

    Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

    Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Leave a Reply